Riset yang dilakukan di Amerika
menggambarkan bahwa 88% dari wanita yang berusia 18 tahun keatas berusaha
mempercantik diri dengan menggunakan kosmetik dan mereka merasa bahwa kosmetik
tersebut akan membuat mereka lebih cantik dan percaya diri (Shannon, 1997).
Maraknya produk pencerah wajah yang muncul di pasaran memicu tren di kalangan
wanita untuk memiliki kulit yang cerah agar dianggap cantik. Wanita Indonesia
yang memiliki kulit berwarna cenderung kecoklatan, akibat teriknya matahari di
negara yang beriklim tropis, menimbulkan ide bagi perusahaan untuk membuat
inovasi baru dibidang kosmetika. Kulit
yang cerah dan bersih akan membuat wanita Indonesia tampil menjadi lebih cantik
dan memesona. (Indarti, 2010). Pegagan
(Centella asiatica) diketahui memiliki beberapa kandungan yang berkhasiat
sebagai antioksidan yang kemudian dalam lingkup kosmetika digunakan sebagai
pencerah (Seevaratnam dkk., 2012). Senyawa medekassoid dalam ekstrak etanol 70%
Centella asiatica memiliki aktivitas untuk mencerahkan kulit dengan menghambat sintesis melanin. Salah satu
bentuk sediaan yang dapat digunakan untuk kosmetika dengan bahan dasar ekstrak
etanol 70% Centella asiatica adalah bentuk Krim. Krim adalah bentuk sediaan
setengah padat yang mengandung satu atau lebih bahan obat yang terlarut atau
terdispersi dalam basis yang sesuai. Sediaan Krim memiliki kelebihan lebih
mudah tercucikan dengan air jika dibandingkan dengan sediaan salep, lebih akseptabel, dan tidak menimbulkan
bekas. (USP 32-NF 27, 2009)
Centella asiatica
Kultur
histologi rekonstruksi epidermis,
pemberian medakassoid menurunkan sintesis melanin
Prosedur Ekstraksi
Formula Krim
Prosedur Pembuatan Krim
Berdasarkan riset yang dilakukan
oleh Kementrian Perdagangan (2014), nilai ekspor produk herbal Indonesia tahun
2013 mencapai US$ 23,44 juta, sedangkan nilai ekspor pada periode Januari-Juni
2014 sebesar US$ 29,13 juta, mengalami peningkatan 600% dari nilai ekspor pada periode Januari-Juni
2013. Berdasarkan hal ini produk herbal
seperti krim pencerah kulit yang berasal dari Centella asiatica sangat
berpeluang untuk menembus pasar dan memikat hati masyarakat.
Daftar Pustaka
Indarti. (2010). Analisis
Faktor-Faktor yang Dipertimbangkan Konsumen Kosmetika dalam Keputusan Pembelian
Produk Pencerah Wajah ( Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen
Beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Malang ), 13(4).
Kementrian Perdagangan Republik
Indonesia. (2014). Warta Ekspor: Obat Herbal Tradisional. Jakarta : Kementrian
Perdagangan Republik Indonesia
Shannon. 1997. Women at The
Cosmetics Center, American Demograpich (ADE), Vol 19 Iss:3 Date: Maret P-4-
Anonymmous. 2009. United States
Pharmacopeia 32 National Formulary 27.
Seevaratnam, Vasantharuba, P.
Banumathi, Dkk. 2012. Functional Properties
Of Centella Asiatica (L.): A
Review. Tamil Nadu Agricultural University,
Madurai, India.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar