Minggu, 30 April 2017

Pharmtastic Poster Competition UMC : Formulasi Krim Pencerah Kulit Ekstrak Etanol 70% Centella asiatica

Riset yang dilakukan di Amerika menggambarkan bahwa 88% dari wanita yang berusia 18 tahun keatas berusaha mempercantik diri dengan menggunakan kosmetik dan mereka merasa bahwa kosmetik tersebut akan membuat mereka lebih cantik dan percaya diri (Shannon, 1997). Maraknya produk pencerah wajah yang muncul di pasaran memicu tren di kalangan wanita untuk memiliki kulit yang cerah agar dianggap cantik. Wanita Indonesia yang memiliki kulit berwarna cenderung kecoklatan, akibat teriknya matahari di negara yang beriklim tropis, menimbulkan ide bagi perusahaan untuk membuat inovasi baru dibidang kosmetika.  Kulit yang cerah dan bersih akan membuat wanita Indonesia tampil menjadi lebih cantik dan memesona. (Indarti, 2010).  Pegagan (Centella asiatica) diketahui memiliki beberapa kandungan yang berkhasiat sebagai antioksidan yang kemudian dalam lingkup kosmetika digunakan sebagai pencerah (Seevaratnam dkk., 2012). Senyawa medekassoid dalam ekstrak etanol 70% Centella asiatica memiliki aktivitas untuk mencerahkan kulit dengan  menghambat sintesis melanin. Salah satu bentuk sediaan yang dapat digunakan untuk kosmetika dengan bahan dasar ekstrak etanol 70% Centella asiatica adalah bentuk Krim. Krim adalah bentuk sediaan setengah padat yang mengandung satu atau lebih bahan obat yang terlarut atau terdispersi dalam basis yang sesuai. Sediaan Krim memiliki kelebihan lebih mudah tercucikan dengan air jika dibandingkan dengan sediaan salep,  lebih akseptabel, dan tidak menimbulkan bekas. (USP 32-NF 27, 2009)

 Centella asiatica

Kultur histologi  rekonstruksi epidermis, pemberian medakassoid menurunkan sintesis melanin

Prosedur Ekstraksi

Formula Krim


 Prosedur Pembuatan Krim





Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Kementrian Perdagangan (2014), nilai ekspor produk herbal Indonesia tahun 2013 mencapai US$ 23,44 juta, sedangkan nilai ekspor pada periode Januari-Juni 2014 sebesar US$ 29,13 juta, mengalami peningkatan 600%  dari nilai ekspor pada periode Januari-Juni 2013.  Berdasarkan hal ini produk herbal seperti krim pencerah kulit yang berasal dari Centella asiatica sangat berpeluang untuk menembus pasar dan memikat hati masyarakat.


Daftar Pustaka
Indarti. (2010). Analisis Faktor-Faktor yang Dipertimbangkan Konsumen Kosmetika dalam Keputusan Pembelian Produk Pencerah Wajah ( Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Malang ), 13(4).
Kementrian Perdagangan Republik Indonesia. (2014). Warta Ekspor: Obat Herbal Tradisional. Jakarta : Kementrian Perdagangan Republik Indonesia
Shannon. 1997. Women at The Cosmetics Center, American Demograpich (ADE), Vol 19 Iss:3 Date: Maret P-4-
Anonymmous. 2009. United States Pharmacopeia 32  National Formulary 27.
Seevaratnam, Vasantharuba, P. Banumathi, Dkk. 2012. Functional Properties
Of Centella Asiatica (L.): A Review. Tamil Nadu Agricultural University,
Madurai, India.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar