Jumat, 09 September 2011

TANDA-TANDA PENGABAIAN SEJARAH PADA REMAJA

Seiring perkembangan zaman, kita sudah hampir lupa tentang sejarah Memang, kita tahu bahwa lupa adalah sesuatu yang manusiawi bagi seseorang. Akan tetapi sifat manusiawi tersebut janganlah dijadikan sebagai alasan untuk melupakan sejarah. Ingat, Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Janganlah menjadi bangsa ibarat kacang lupa pada kulitnya.

Seiring dengan modernisasi, generasi muda Indonesia perlahan sudah mulai mengabaikan sejarah. Mereka sibuk dengan kegiatan mereka sendiri yang tidak ada kaitannya dengan sejarah atau lebih menyenagi bermain di dunia maya atau digital seperti bermain komputer, playstation, dan lain-lain dari pada mengingat atau mempelajari sejarah bangsanya. Mereka juga lebih terpengaruh budaya barat dimana ada unsur futuristik dan modernisasi. Hal ini merupakan bentuk penjajahan secara non fisik. Efeknya remaja Indonesia perlahan melupakan sejarah bangsanya dan jasa para pahlawan mereka dan lebih suka menghabiskan waktunya untuk berhura-hura, menghabiskan waktu yang tidak ada manfaatnya. Adapun beberapa kebiasaan generasi muda yang perlahan mengabaikan sejarahnya
Lebih memilih jalan-jalan ke Mall dari pada Museum
Lebih memilih mendengarkan lagu-lagu baru bertemakan cinta daripada lagu-lagu nasional
Lebih memilih berwisata ke waterpark dari pada Candi
Segan mengikuti upacara bendera
Lebih mencintai budaya negara lain dari pada negara sendiri
Tidak mementingkan pelajaran sejarah
Lebih bangga belajar bahasa asing dari pada Bahasa Indonesia, sehingga merasa kesulitan berbahasa Indonesia padahal bahasanya sendiri.
Segan melakukan renungan suci setiap malam 17 Agustus
Mengacuhkan barang peninggalan bangsa jika dicuri atau dirusak

Dari ciri-ciri kebiasaan diatas, janganlah sampai kita mempunyai keriteria tersebut. Jika mempunyai keriteria tersebutt, segeralah diperbaiki. marilah kita pupuk rasa nasionalisme dengan tidak melupakan sejarah bangsa sebagaimana Bapak Ir. Soekarno, salah seorang pendiri bangsa kita yang merupakan salah satu proklamator dan juga presiden RI yang pertama pernah mengatakan ”JAS MERAH” yang artinya, jangan sekali-kali melupakan sejarah.

Copied from my old blog :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar